Jumat, 14 Oktober 2016

Makalah Tentang Kenapa Orang Baik Cepat Dipanggil Tuhan dan Orang Jahat Berumur Panjang dan Sukses


I.                   Pengertian Caring

Caring secara umum dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk berdedikasi bagi orang lain, pengawasan dan waspada menunjukkan perhatian, perasaan empati
pada orang lain dan perasaan cinta atau menyayangi 0rang lain ( Patter,P.A & Perry A.G, 2005)

II.                Aspek-Aspek Utama Dalam Caring
·         Pengetahuan
·         Belajar dari pengalaman orang lain
·         Kejujuran
·         Rasa percaya
·         Kerendahan hati
·         Harapan
·         Keberanian

III.             Perilaku-Perilaku Caring Dalam Keperawatan
·         Kehadiran
Kehadiran adalah suatu pertemuan orang dengan orang yang merupakan sarana untuk lebih mendekatkan dan menyampaikan manfaat caring.
      Jenis kehadiran merupakan suatu yang ditawarkan perawat kepada klien dengan maksud untuk mendapatkan dukungan kenyamanan, atau dorongan, mengurangi intensitas perasaan yang tidak diinginkan, atau menerangkan hati (Fareed, 1996;Pederson.1993)






·         Sentuhan
Sentuhan merupakan salah satu pendekatan yang menenangkan dimana perawat dapat mendekatkan diri dengan klien untuk memberikan perhatian dan dukungan. Ada dua jenis sentuhan, yaitu sentuhan kontak dan sentuhan non-kontak.  Kedua sentuhan ini digambarkan dalam tiga kategori: Sentuhan Berorientasi-tugas, Sentuhan Pelayanan, Sentuhan Perlindungan.
Sentuhan Caring adalah suatu bentuk komunikasi non verbal, yang dapat mempengaruhi kenyamanan klien, meningkatkan harga diri, dan memperbaiki orientasi tentang kenyataan (Boyek dan Watson. 1994)

·         Mendengarkan
Mendengarkan merupakan kunci, karena hal itu menunjukkan perhatian penuh dan ketertarikan perawat. Mendengarkan sungguh-sungguh membuat anda akan mengertahui secara benar dan merespon apa yang benar-benar berarti bagi klien dan keluarganya (Boykin, et al, 2003).

·         Memahami Klien
Memahami klien berarti perawat menghindar asumsi, fokus pada klien, serta ikut serta dalam hubungan caring dengan klien yang memberikan informasi dan petunjuk untuk berfikir kritis dan memberikan penilaian klinis.

·         Caring Dalam Spiritual
Spiritual menawarkan rasadan keterikatan yang baik, intrapersonal, interpersonal, dan transpersonal. Dalam hubungan caring, klien dan perawat saling memahami satu sama lain sehingga keduanya berpindah menjadi hubungan pemulihan





·         Perawatan Keluarga
Keluarga merupakan sumber daya penting. Keberhasilan intervensi keperawatan sering bergantung pada keinginan keluarga untuk berbagi informasi dengan perawat untuk menyampaikan terapi yang dianjurkan. Menjamin kesehatan klien dan membantu keluarga untuk aktif dalam proses penyembuhan klien merupakan tugas penting anggota keluarga.

IV.             Pokok Masalah
·         Judul
Jurnal ini berjudul “Primacy of existential pain and suffering in residents in chronic pain in nursing homes: a phenomenological study”.
·         Penulis
Penulis Gudrun Dora Gudmannsdottir BSN, MSN, RN (Geriatric Nurse Specialist)1and Sigridur Halldorsdottir MSN. Geriatric Unit, Landspitali–University Hospital, Reykjavik and Faculty of Health Sciences, University of Akureyri, Akureyri, Iceland
·         Primacy of existential pain and suffering
pada bagian ini penulis meberitahukan hasil penelitiannya yang menyatakan
bahwa di dalam panti jompo ini terdapat parapasien yang tidak merasa bahagia taapi mereka bersedih (Yusuf, Maria,dan Leah), bahkan ada yang marah (Sara).
·         The challenge of living with chronic pain
Dalam kasus ini penulis menceritakan pengalam dari para klien di panti jompo yang menatakan ketidakhadiran dokter dan perawat dalam merawat para klien.
·         Finding the silent sufferer
Dalam kasus ini penulis menemukan para klien yang suka berdiam diri pada saat menyampaikan keluahan sakit kronis yang dideritanya.



V.                Penyelesaian Masalah
·         Primacy of existential pain and suffering
Jadi dalam kasus ini tidak terlihat konsep caring yang merupakan Kunci Sukses dari para perawat. Dimana dalam kasus ini perawat harus menjalankan perilaku-perilaku dan juga aspek-aspek caring kepada para klien agar para klien dapat merasa bahagia dan tidak merasa sedih, marah. Perawat harus mecari cara agar membuat para klien merasa nyaman baik sebagai: tempat curhat, teman, sahabat para klien.
·         The challenge of living with chronic pain
Jadi dalam kasus ini tidak terlihat konsep caring yang merupakan Kunci Sukses dari para perawat. Dimana dalam kasus ini perawat harus menjalankan perilaku-perilaku dan juga aspek-aspek caring yaitu perawat harus selalu hadir dalam merawat para klien terutama para klien yang yang berada pada panti jompo.
·         Finding the silent sufferer
Jadi dalam kasus ini tidak terlihat konsep caring yang merupakan Kunci Sukses dari para perawat. Dimana dalam kasus ini perawat harus menjalankan perilaku-perilaku dan juga aspek-aspek caring yaitu perawat harus selalu peka terhadap para klien terutama para klien yang biasa berdiam diri baik.para perawat harus mengetahui apa yang dibutuhkan para klien.











VI.             Kesimpulan
Caring merupakan sebagai suatu kemampuan untuk berdedikasi bagi orang lain, pengawasan dan waspada menunjukkan perhatian, perasaan empati pada orang lain dan perasaan cinta atau menyayangi orang lain. Caring juga merupakan Kunci Sukses dari menjadi sesorang perawat professional.
Dari jurnal di atas memberikan kita sebuah kesimpulan bahwa di dalam panti jompo tempat di mana dilakukannya sebuah penelitian bahwa kurang terjadinya konsep caring oleh seorang perawat kepada para klien di sana. Seharusnya para perawat seorang perawat selalu melaksanakan konsep caring yang merupakan konsep dasar dan juga jiwa dari seorang perawat.

VII.          Daftar Pustaka

Ns. John Toding Padang, S.Kep., M.Kep., Sp.KMB. (2016). Konsep Caring. EGC
     Jayapura











TUGAS INDIVIDU
PEMBAHASAN JURNAL KONSEP “CARING”
 





AMSAL KORERI MIRINO


PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS CENDERAWASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ko Sa Pu Bahagia Lirik - Gleen Sebastian ft. Awind ft. Vavaveez

Lirik - Glen n Se bast ian ft. A wind ft. Va vaveez Ko Sa Pu Bah agia Bersama ko sa rasa bahagia Bersama tong ucap janji seti...